Berita Teknologi Terkini - Harga dan Spesifikasi Handphone Terbaru

Daftar Harga, Spesifikasi, Specs, HP, Ponsel, Handphone, Review, Bekas, Second, Baru, Jual Beli HP, Info Tekno

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
y

Jenis-Jenis Memory Card untuk Ponsel

Memory card merupakan sebuah komponen pada ponsel yang berfungsi untuk menyimpan data digital. Sehingga dengan penggunaan memory card dapat menghemat ruang memory internal. Memory card biasa disebut dengan memory eksternal karena memory card bisa dicopot dari ponsel dan kapasitasnya bisa diupgrade sesuai dengan kemampuan ponsel.

Banyak sekali jenis-jenis memory card dan kapasitanya pun berbeda-beda dari yang 256 MB sampai 32 GB. Berdasarkan pengamatan memory yang paling sering digunakan pada saat ini kebanyakan berjenis micro SD. Apalagi ponsel yang berbasis sistem operasi android kebanyakan menggunakan micro SD.

Jenis-jenis memory card sebagai berikut :

Memory Stick
Memory Stick adalah jenis memory yang dikeluarkan oleh SONY. Memory jenis ini dikhususkan untuk produck-produck SONY.

Memory Stick Pro dan Memory Stick Duo
Masih milik SONY, memoru jenis ini merupakan updatean dari jenis sebelumnya.
Memory Stick Pro memiliki bentuk yang berbeda dari keluaran sebelumnya, selanjutnya Memory Stick Pro di update dengan keluaran terbaru yaitu Memory Stick Duo. Untuk kapasitas dari memory ini sangat beragam, sesuai dengan kebutuhan anda.


Memory Stick Micro (M2)
Lagi-lagi keluarannya SONY, produck-produck ini memang dikeluarkan oleh SONY dan diperuntukkan untuk produck-produck keluaran SONY baik itu HP, Camera dll.
Memory Stick Micro (M2) memiliki ukuran yang kecil dan ramping namun memiliki daya tampung atau kapasitas yang tinggi. Selain itu, jenis memory ini / M2 uda di mutakhirkan dengan adanya gadget berupa M2 adaptor baik yang berupa USB atau yang lain dengan tujuan untuk memudahkan dalam penggunaan. Keunggulan lain dari memoru M2 adalah dapat menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan mulai dari -25°C hingga +85°C, artinya data user akan aman terkendali.
Multimedia card (MMC)
Multimedia Card (MMC) merupakan kartu memori standar, bentuknya lebih besar dari Memory Stick dan dapat dipergunakan pada slot SD Card. MMC (Multimedia Card alias kartu memory)
adalah Media penyimpanan yang digunakan hampir semua peralatan elektronik. Diperkenalkan pertamakali oleh Siemens dan Sandisk tahun 1997. Multimedia Card atau MMC merupakan kartu memori standar.


RS-MMC ( Reduced Size Multimedia Card)
RS-MMC atau Reduced Size Multi Media Card adalah kartu memory MMC yang berukuran kira-kira setengah lebih kecil yaitu 18 x 24 x 1.5 mm dan tetap memiliki 7 pin. Tujuan dikembangkannya RS-MMC hanya untuk mengecilkan MMC, untuk menggunakan RS-MMC dalam card reader biasanya dipakaikan “extention” RS-MMC agar panjang RS-MMC sama seperti MMC jadi agar badan RS-MMC tidak masuk semua nya ke dalam card reader yang akan menyulitkan untuk dicabut keluar. Dengan menggunakan alat tambahan semacam adapter, RS MMC dapat digunakan pada slot MMC maupun SD card.Saat ini yang paling banyak menggunakan RS MMC dalam produk-produknya adalah Nokia.


Secure Digital Card (SD Card)
SD atau Secure Digital, adalah generasi penerus CF, tujuan dibuatnya SD adalah agar ukuran kartu memory lebih kecil dan lebih ringan, setiap vendor (pembuat) SD harus membayar royalti (ijin pembuatan) kepada pengembangnya yaitu SD Card Association. Kata “Secure” dalam SD yang berarti “aman” merupakan alasan lain dibuatnya SD hal ini dengan menggunakan mekanisme “lock” (write protect) yang sama seperti disket floppy pada bagian samping kirinya, juga dengan mengimplementasikan sistim CPRM (Content Protection for Recordable Media) yang menjaga agar file audio/video yang di copyright tidak dapat ditransfer atau dicopy.
Mini SD
Ukurannya kira-kira setengan ukuran SD Card, dapat dimasukkan kedalam slot SD Card atau MMC dengan menggunakan sebuh Adapter. Diluncurkan pertama kali oleh SanDisk Corporation di Cebit 2003. Mini SD menggabungkan Memory Stick duo dengan SD Card dalam bentuk lebih kecil. Mini SD diadopsi dari SD association sebagai bentuk mini dari kartu Secure Digital Standar. Didesain khusus untuk perangkat mobile termasuk ponsel. Dengan menggunakan mini SD adapter,Anda dapat memasukkan mini SD ini kedalam slot MMC atau SD card.
Micro SD / TransFlash
Ukurannya lebih kecil daripada Mini SD dan banyak digunakan pada handphone sekarang. Kapasitas penyimpana data bisa mencapai hingga 16 GB. MicroSD merupakan kartu memori super kompak dengan ukuran terkecil 11 mm x 145 mm x 1mm, hampir seukuran ujung jari. Sangat kompatibel dan nyaman digunakan pada perangkat bergerak dan ponsel. Anda dapat memasukkannya ke slot SD card dengan bantuan adapter. MicroSD hadir dengan kapasitas 256 MB sampai dengan 16 GB. Selain didukung oleh vendor ponsel Motorola , kartu mini ini juga diadopsi oleh Kyocera dan Samsung. Dahulu produk ini bernama T-Flash, kemudian berubah nama menjadi TransFlash setelah itu baru secara resmi berganti nama menjadi MicroSD dan disahkan oleh SD Association.
XD Card
Dikembangkan oleh Olympus dan Fuji untuk produk-produk kamera keluarannya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori artikel dengan judul Jenis-Jenis Memory Card untuk Ponsel . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://hargahandphone-terbaru.blogspot.com/2012/11/jenis-jenis-memory-card-untuk-ponsel.html . Terima kasih!
Ditulis oleh: core-techno - Rating: 5

Belum ada komentar untuk " Jenis-Jenis Memory Card untuk Ponsel "

Posting Komentar